logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat, (11/11/2023) – SMK Negeri 1 Sungailiat mengadakan agenda rutin setiap tahunnya bagi kelas XII yaitu kegiatan Field Trip. Kota Muntok merupakan tujuan field trip kali ini. Sebuah kota bersejarah yang terletak di bagian barat Pulau Bangka. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menambah wawasan peserta didik mengenai sejarah.

Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis, 09 November 2023 dengan menggunakan 16 bus untuk mengangkut seluruh peserta didik kelas XII beserta Guru dan staf Tata Usaha. Keberangkatan dari Sungailiat ke Muntok dimulai pukul 07.00 WIB, memakan waktu sekitar 3 jam.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Museum Timah. Museum ini sedang dalam masa renovasi, namun tetap memberikan pengalaman yang menarik bagi peserta didik. Museum Timah menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung. Peserta didik dapat melihat berbagai alat dan mesin yang digunakan dalam proses penambangan timah, serta mempelajari sejarah panjang industri timah di daerah tersebut. Selain itu, di museum ini juga terdapat patung yang sedang menggunakan batik khas Bangka Belitung yaitu Cual. Batik Cual merupakan kebanggaan dari daerah karena memiliki motif-motif yang menarik.

Setelah mengunjungi Museum Timah, rombongan melanjutkan perjalanan ke destinasi kedua, yaitu Pesanggrahan Menumbing. Pesanggrahan Menumbing merupakan sebuah bangunan bersejarah yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Bangunan ini dulunya digunakan sebagai tempat istirahat bagi para pejabat Belanda yang sedang melakukan perjalanan ke daerah-daerah terpencil di Bangka Belitung. Peserta didik dapat melihat langsung arsitektur bangunan yang khas dan mempelajari sejarah panjangnya.

Field trip ini memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi peserta didik SMK Negeri 1 Sungailiat. Selain dapat menambah wawasan mengenai sejarah dan budaya di Muntok, mereka juga dapat mempererat hubungan antar sesama peserta didik dan guru. Kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa depan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermanfaat.

 

Penulis: Yasmine Dhea Ananda

Editor: Anggun Solehati

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly