logo - home2
Search
Close this search box.

Saat ini, website banyak sekali dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan. Berbagai keperluan hidup manusia itu seperti toko online, blog pribadi, website yayasan, website instansi, dan sebagainya. Tidak bisa dimungkiri bahwa website selalu berkaitan erat dengan dunia teknologi digital dan internet, termasuk saat ini dunia pendidikan tak dapat lepas dari sistem jaringan. Bahkan saat ini menjadi kebutuhan dasar dan merupakan program dan jurusan yang ramai peminat.

Pengetahuan tentang website dalam dunia pendidikan dasar secara khusus dipelajari siswa sekolah menengah kejuruan ( SMK) program teknologi dan informatika (IT) dalam beberapa jurusan. Untuk siswa SMK dengan jurusan atau program keahlian teknik komputer jaringan (TKJ), materi website dipelajari pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XII. Siswa tidak hanya mempelajari tentang website, tetapi juga administrasi website-nya yang meliputi management file website, penamaan halaman website, tampilan website ,dan sebagainya.

Pembuatan website biasanya mengolaborasikan antara file management berupa text/tulisan, foto/gambar, suara, dan video. Kemampuan siswa dalam manajemen file website ini sangat penting agar website dapat menarik minat pembaca/netizen/konsumen/pengunjung serta pesan yang ingin disampaikan melalui website dapat tersampaikan.

Bagi siswa SMK, pembelajaran praktik atau keterampilan merupakan suatu keharusan untuk mengolah kemampuan secara teknis sehingga nantinya kemampuan teknis/praktik siswa dapat langsung diimplementasikan saat siswa bekerja. Oleh karena itu, siswa SMK diharapkan memiliki kemampuan teknis yang mumpuni sehingga mereka menjadi lulusan yang siap kerja.

Ketika pembelajaran tatap muka, praktik dapat dilakukan di laboratorium komputer dengan fasilitas internet yang telah disediakan oleh sekolah. Namun, mata pelajaran administrasi sistem jaringan materi web hosting untuk membuat website dan manajemen file website harus menyewa web hosting. Hal ini menjadi tantangan dan kendala bagi guru produktif dan siswa, karena web hosting harus berbayar. Kendala ini yang dialami pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan, bila di sekolah belum memadai fasilitasnya.

Mengingat website merupakan produk kemajuan teknologi dan pengetahuan yang penting dalam era teknologi saat ini, pengadaan fasilitas di sekolah mutlak ada. Sebagaimana pernyataan Doli Yolanda (2018), website merupakan produk yang kita rancang sedemikian rupa yang nantinya dipertontonkan kepada semua orang sehingga orang-orang yang kita tuju tersebut melihat dan mengenal lebih jauh keunggulan produk yang ditampilkan. Nah, materi ini tentu sangat berguna untuk kemajuan sekolah, terutama siswa yang menuntut ilmu di dalamnya.

Web hosting gratis

Untuk itu, saat ini tersedia web hosting gratis. Web hosting adalah penyedia layanan teknologi berupa ruang penyimpanan digital untuk website agar dapat diakses oleh publik secara daring atau online. Media ini pada dasarnya sebuah ruang kosong yang disewa untuk menaruh website kita dan ruang tersebut dapat dilihat selama 24/7 tergantung dari jangka waktu langganan yang dipilih. Pengguna juga akan diberikan penawaran berupa jaminan uptime, kecepatan yang tinggi, harga yang murah, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Semua layanan informasi digital yang ditampung oleh web hosting tersebut akan berada pada server fisik provider yang lokasinya berbeda-beda. Untuk itu, pengadaan dan kekuatan harus sangat mendukung mengingat kegunaannya yang sangat bermanfaat.

Sementara itu, web hosting tidak selalu diartikan dengan mengelola isi file website dan tampilan website. Namun, web hosting juga bisa digunakan untuk memberi nama sebuah alamat website yang menarik dan berbeda dengan website lainnya. Apalagi kini banyak sekali website yang memiliki isi, tampilan, dan nama yang menarik sehingga menarik pengunjung. Website pun memiliki beragam fitur yang komplet dan bagus, seperti sarana berkirim pesan text, dan memberikan komentar pada foto atau video secara langsung sehingga website memiliki daya tarik bagi para pengunjung website.

Web hosting kini juga dilengkapi dengan kapasitas besar untuk menyimpan file website, makin besar kapasitas menyimpan maka harga sewa hosting makin mahal. Untuk siswa SMK kelas XII TKJ yang baru belajar membuat website dan akan melakukan manajemen file website di web hosting, ada beberapa web hosting yang memberikan layanan menyimpan file website secara gratis. Inilah yang dapat digunakan siswa SMK untuk mempraktikkan materi-materi pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan.

Web hosting gratis ini dapat digunakan untuk memanajemen file seperti teks, gambar, suara, dan video, serta file lainnya. Web hosting gratis juga dilengkapi template untuk tampilan website yang menarik sesuai dengan website yang akan dibuat oleh siswa sehingga memudahkan siswa untuk praktik mengelola file dan tampilan website.

Penggunaan web hosting gratis tidak sesulit web hosting berbayar. Hal ini tentu memudahkan siswa untuk dapat lebih bereksplorasi dalam melakukan pengaturan pada web hosting agar tampilan website lebih menarik. Dengan demikian, nantinya dengan adanya web hosting gratis ini akan mempermudah siswa dalam memahami materi praktik mata pelajaran administrasi sistem jaringan.

Di masa teknologi yang makin berkembang ini tentu guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran praktik karena keterbatasan alat praktik. Dengan demikian, web hosting gratis dapat menjadi sarana praktik dalam mata pelajaran administrasi sistem jaringan khususnya materi web hosting karena kini web hosting gratis memiliki fitur dan menu yang mirip dengan web hosting berbayar. Dengan web hosting gratis, kendala sewa hosting yang mahal untuk praktik dapat teratasi. Dengan demikian, siswa tetap dapat memahami materi yang disampaikan dan teknologi berada di jemari, dan dunia pun dalam genggaman.

Septiady Irawan Saputra, S.Pd.

Guru Produktif Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Sungailiat

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly