logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat (01/02/2023) – Alumni siswa SMKN 1 Sungailiat yang telah menjadi jurnalis publik, mengadakan acara pelatihan dasar jurnalistik bagi beberapa siswa SMKN 1 Sungailiat. Acara dilaksanakan pada Hari Rabu, 1 Februari 2023, di Ruang Model Kantor SMKN 1 Sungailiat. Sebanyak 31 siswa terpilih yang mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut.

Acara tersebut diharapkan Kepala Sekolah SMKN 1 Sungailiat, Ibu Nina Erlina, menjadi wadah berkembangnya para siswa dalam memperluas kemampuan jurnalistik. Selain itu, Ibu Nina juga menaruh harapan besar terhadap para siswa yang mengikuti kegiatan agar bisa memajukan sekolah.

 

“Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan siswa-siswa yang akan menghasil produk jurnalistik ke masyarakat luas. Supaya sekolah kita bisa dikenal oleh kalangan luar bahwa sekolah kita adalah sekolah yang aktif dalam berbagai kegiatan dan unggul produknya, salah satunya dalam bidang jurnalistik ini,” ujar Ibu Nina dalam pidato pembukaannya.

Dalam pelatihan ini, membahas cara menulis berita yang baik dan benar, cara mengambil foto jurnalistik, sesi tanya jawab antar siswa dan pembicara, dan praktik membuat dan mengambil gambar berita. Para alumni memiliki keinginan untuk membangun kembali jurnalistik SMKN 1 Sungailiat yang sempat vakum selama setahun. Mereka berharap generasi sekarang dapat mengenal dan mengembangkan minat jurnalistik.

Ide pelatihan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Kak Muri, alumni SMKN 1 Sungailiat yang kini menjadi penulis berita iNews. Beliau melihat potensi jurnalistik di sekolah itu setelah menonton pertunjukan pentas seni yang diadakan beberapa bulan lalu. Beliau merasa prihatin saat menyadari keredupan jurnalistik di bekas sekolahnya, sehingga beliau berinisiatif mengajak para alumni lain untuk menggerakkan acara itu.

Penulis : Tim Jurnalis SKANSA

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly