logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat (12/06/2023) – SMKN 1 Sungailiat menggelar kegiatan P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan “Sahabat Sampah” pada tanggal 5-16 Juni 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 yang terbagi menjadi beberapa kelompok. SMKN 1 Sungailiat bekerja sama dengan Balai Lingkungan Hidup dan Komunitas BECAK yang sangat mendukung penuh adanya kegiatan ini. Selain itu, seluruh guru di SMKN 1 Sungailiat ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Kepala SMKN 1 Sungailiat, Ibu Nina  Erlina berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan khususnya terhadap sampah di lingkungan sekitar. Beliau juga berharap siswa dapat memanfaatkan limbah sampah plastik untuk wirausaha.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan P5 adalah budidaya maggot dari sampah sayur dan buah untuk pakan ternak. Siswa mengamati proses mulai dari pembusukan sampah hingga penetasan telur menjadi ulat.

Selain budidaya maggot, siswa juga belajar membuat paving blok dari sampah plastik bekas. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai di lingkungan.

Kegiatan P5 juga melibatkan pembuatan briket dari sampah daun dan plastik. Siswa belajar cara membuat briket yang nantinya dapat dipasarkan.

Kegiatan P5 juga melibatkan pembuatan biopori dan pupuk kompos dari sampah. Salah satu tujuan pembuatan biopori yaitu mempercepat proses penyerapan air tanah. Sehingga air akan segera masuk ke dalam tanah dan tidak menggenang di jalan atau tanah.

SMKN 1 Sungailiat berharap kegiatan P5 dapat membentuk siswa yang peduli terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar sekolah dan masyarakat sekitar.

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly