logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat, (9/10/2023) – Seluruh siswa-siswi kelas 10 SMKN 1 Sungailiat melakukan kunjungan industri ke beberapa tempat berbeda dalam rangka giat P5. Kegiatan P5 kali ini bertema keberkerjaan dengan topik  “Potensiku Masa Depanku”. Melalui kegiatan P5 yaitu kunjungan Industri, siswa diberi kesempatan untuk mengenal lebih dekat budaya kerja. Siswa juga dapat melihat secara langsung serangkaian proses dan bagian di dunia kerja.

Sebelum melakukan kunjungan industri, ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan para siswa dalam rangka persiapan. Kegiatan diawali dengan pengenalan P5, pengenalan potensi diri setiap siswa, pemaparan pengalaman pengembangan potensi diri dari para alumni, lalu para siswa secara berkelompok diminta mengekspresikan potensi gagasan kerja yang telah didapatkan dalam bentuk video.

Terakhir dan salah satu yang terpenting, kegiatan dilanjutkan dengan dengan pembuatan pohon karir. Pohon karir adalah alat untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk mencari, memilih, menyiapkan, dan menyesuaikan diri terhadap karir. Tujuan pohon karir adalah membantu para siswa dalam mengambil keputusan, merencanakan, dan mengarahkan keputusan perencanaan tersebut secara tepat. Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan pemahaman atau pengetahuan siswa tentang dunia kerja.

Puncaknya, para siswa pelaksana P5 melakukan kunjungan industri di tempat-tempat berbeda sesuai dengan program keahlian yang ditekuni. Dalam kunjungan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja. Dengan begitu, bisa membangkitkan dan memacu semangat untuk mengasah skill, meningkatkan kompetensi, serta berprestasi di bidang terkait.

Setiap program keahlian melakukan kunjungan industri di tempat yang berbeda. Jurusan Bisnis Retail (BR) melakukan kunjungan industri ke Transmart Pangkalpinang. Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) melakukan kunjungan industri ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) melakukan kunjungan industri ke Rumah Kemasan. Jurusan Akuntasi (AK) melakukan kunjungan industri ke KPP Pratama. Terakhir, Jurusan Manajemen Perkantoran Lembaga Bisnis (MPLB) melakukan kunjungan industri ke Kantor DPR, Perpustakaan Provinsi, dan PT Pelindo.

Editor: Anggun Solehati

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly