logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat, (22/11/2023) – Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur, melakukan pendampingan di SMK Negeri 1 Sungailiat pada hari Rabu, 15 November 2023. Ibu Intan Rahima Sary, S.St.Pi., M.Si., selaku perwakilandari BBPPMPV akan bahwa tujuan pendampingan ini terkait dengan implementasi project base learning dalam kurikulum merdeka dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMK Pusat Keunggulan.

Kegiatan diawali di SMK Negeri 1 Sungailiat, khususnya di fase E kelas X. Beliau menyampaikan apresiasi dan motivasi kepada peserta didik dan guru yang sedang belajar dan mengajar dengan antusias. Beliau juga memberikan masukan dan saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Agenda dilanjutkan dengan pertemuan Ibu Intan dengan guru-guru SMK Negeri 1 Sungailiat di Lab OTKP, untuk membahas banyak hal terkait pengimplementasian kurikulum merdeka di masing-masing program keahlian. Beliau menjelaskan konsep dan prinsip kurikulum merdeka, implementasi project base learning, serta memberikan contoh-contoh penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah yang telah berhasil.

Pendampingan dilanjutkan di hari kedua, untuk berdiskusi mengenai penerapan kurikulum merdeka dengan menyesuaikan program keahlian. Guru produktif dan guru umum berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Mereka juga membahas mengenai CP, ATP, serta modul kurikulum merdeka yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dan evaluasi.

Pendampingan dari Ibu Intan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi SMK Negeri 1 Sungailiat dalam mengembangkan kurikulum merdeka, yaitu kurikulum yang memberikan kebebasan dan kreativitas kepada peserta didik dan guru dalam menentukan materi, metode, dan media pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, serta potensi yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk bersaing di dunia kerja.

Penulis: Yasmine Dhea Ananda

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly