logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat, (22/09/2023) — SMKN 1 Sungailiat berhasil meraih prestasi luar biasa dengan mendapat predikat SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di bidang seni dan ekonomi kreatif. Untuk itu, selama dua hari, SMKN 1 Sungailiat mengadakan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan baru bagi para guru, staf tata usaha, serta pejabat struktural SMKN 1 Sungailiat tentang SMK PK dan cara mewujudkan sekolah menjadi sekolah bermutu. Kegiatan berlangsung dari hari Kamis, (21/09/2023) sampai dengan Jumat, (22/09/2023). Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan langkah konkrit sebagai sekolah yang berstatus SMK PK.

Pada hari pertama, SMKN 1 Sungailiat mengadakan sosialisasi tentang SMK PK. Materi utama yang dibahas dalam sosialisasi ini adalah pengenalan fungsi dan peranan dari SMK yang meraih predikat SMK PK. Ibu Nina Erlina, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Sungailiat, menyampaikan rasa bangga dan antusiasnya dalam penyelenggaraan acara tersebut. Beliau berharap SMKN 1 Sungailiat dapat mengembangkan potensi seni dan ekonomi kreatif dalam diri siswa dan mampu mempertahankan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada SMKN 1 Sungailiat. Selain itu, dijelaskan pula apa itu status SMK PK dan dampaknya bagi sekolah-sekolah terpilih. Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan juga dihadiri oleh pejabat struktural sekolah, yaitu Drs. Ansori sebagai Pengawas SMK, Akhmad Yani, S. Pd. sebagai Kasi SMK, dan Saiful Bahri, S. Pd. sebagai Kabid Pembinaan SMK.

Setelah Kegiatan Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan berlangsung, keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Pendidikan Strategi Mewujudkan Sekolah Bermutu dengan narasumber Ibu Itasia Dina Sulvianti, Konsultan Pendidikan IDS Rumah Pendidikan Indonesia. Dalam workshop tersebut, Ibu Itasia menjelaskan apa yang diinginkan pemerintah agar pelajar SMK dapat memberikan hasil belajar yang bermutu, di antaranya penyerapan lulusan SMK tinggi, pendapatan lulusan SMK tinggi, dan kompetensi lulusan SMK sesuai dengan dunia kerja. Intinya tentang harapan agar sekolah SMK menghasilkan lulusan yang kompeten, berkualitas, bermutu, dan siap kerja.

“Saya tidak harus menjadi luar biasa untuk memulai, tapi saya harus memulai untuk menjadi luar biasa.” Salah satu kutipan atas hasil pembabaran materi dari Ibu Itasia atas nama IDS Rumah Pendidikan Indonesia.

Dengan adanya dua kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman keluarga besar SMKN 1 Sungailiat tentang apa arti predikat SMK PK ini bagi sekolah-sekolah terpilih. Juga memberikan pengetahuan baru tentang pengembangan dan peningkatan sekolah menjadi sekolah yang bermutu dan menghasilkan generasi-generasi muda bermutu pula. Diharapkan dengan adanya kedua kegiatan sosialisasi ini, SMKN 1 Sungailiat dapat terus maju untuk berkembang dan menjadi lebih baik.

 

Penulis : Sheila Fiorencia

Editor   : Anggun Solehati

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly