logo - home2
Search
Close this search box.

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Bambang Patijaya, menyebut bahwa siswa harus mampu membaca peluang bisnis, terlebih di era digital sekarang ini.

Hal itu disampaikannya saat mengisi kegiatan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sungailiat, yang dihadiri oleh ratusan siswa dan dewan guru, Senin (1/8/2022).

 

BPJ, sapaan akrabnya mengatakan, untuk menunjang ke arah bisnis atau dunia usaha, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan oleh para siswa.

“Di era digital seperti sekarang ini, terjadilah peralihan dari ekonomi konvensional menjadi ekonomi digital. Artinya, teknologi memiliki pengaruh yang luar biasa di masyarakat,” kata BPJ.

Untuk itu, para siswa kata BPJ yang hadir sebagai guru tamu kewirausahaan, harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, dengan cara mengembangkan potensi diri di dunia teknologi digital.

“Kita ini orang kampung, tapi tidak kampungan. Kita punya daya saing yang hebat dengan dunia luar. Terus dorong pengetahuan kalian, kapasitas ilmu pengetahuan, karena kalian tidak tahu batas kalian sampai mana,” ucapnya.

Hal lain, kata politisi Partai Golkar ini, siswa harus mampu membaca peluang bisnis, dan tidak berada di zona nyaman.

“Masalah-masalah di masyarakat itu bisa jadi uang, jika kita bisa menyodorkan solusi. Misalnya saja, sekarang ini banyak aplikasi-aplikasi online yang banyak dimanfaatkan untuk berjualan. Itu kan menunjukkan bahwa ada kemudahan yang didapat oleh masyarakat, tanpa harus bertatap muka saat berbelanja,” ungkapnya.

Dengan adanya solusi tersebut, kata BPJ, diyakini mampu membuka peluang bisnis yang tengah banyak digandrungi oleh masyarakat. Untuk itu, diperlukannya ide-ide kreatif dan inovatif.

“Inovasi juga sangat dibutuhkan. Point utamanya adalah kalian harus terus berkembang dan maju. Asah terus kompetensi diri dan aktif berorganisasi di sekolah,” katanya. (mah)

Sumber : link

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly