logo - home2
Search
Close this search box.

Sungailiat, (27/02/2024) – SMK Negeri 1 Sungailiat mengadakan acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) yang diikuti oleh 25 siswa dan siswi terbaik dari kelas X pada tanggal 24 – 25 Februari 2024. Acara ini bertujuan untuk melantik anggota paskibra yang akan bertugas pada pengibaran bendera merah putih di sekolah dan persiapan mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2024.

Pada hari pertama, mereka dibimbing oleh seniornya yaitu Garda Skansa Angkatan 17 dan 18, serta dibina oleh Ibu Dwi Iska Jumiarsih, M.Pd., selaku pembina ekstakuliker paskibra. Mereka melaksanakan apel pagi, membersihkan area sekitar sekolah, pembagian barak serta sarapan pagi di halaman upacara. Kegiatan dilanjutkan dengan shalat zuhur dan ashar berjamaah, kemudian pelaksanaan gladi bersih hingga kegiatan resmi pengukuhan dimulai.

Malam harinya, mereka makan malam bersama sebelum acara resmi dimulai. Kegiatan pengukuhan dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Sungailiat, Ibu Nina Erlina, M.Pd., yang memberikan Berbagai dan motivasi kepada para calon anggota paskibra.

Kalian adalah anak-anak yang terpilih untuk menjadi anggota paskibra. Ibu sangat bangga, karena kalian telah memilih jalan yang benar, dan merupakan calon generasi emas. Semoga kalian dapat menjadi pemimpin yang baik, amanah, serta disiplin” . ujar Ibu Nina Erlina, M.Pd.

Kegiatan pengukuhan berlangsung khitmat, mereka bersama-sama menyanyikan lagu syukur, diikuti oleh satu-satu anggota mencium bendera merah putih. Kegiatan dilanjutkan dengan atraksi dari anggota yang telah dikukuhkan yaitu persembahan yel-yel, kemudian para tamu undangan dipersilahkan untuk memberikan selamat.

Setelah itu, mereka mendapat materi tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Kak Alamsyah selaku alumni angkatan tahun 1998. Materi kedua diisi oleh Bapak Siswadi Nugroho, S.Kom. Wakil selaku Kepala Sekolah bidang Kesiswaan yang menjelaskan tentang kepemimpinan sebagai anak organisasi di sekolah dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pada hari kedua, tepat pada pukul 00.00 WIB, para anggota paskibra dibangunkan untuk mengikuti kegiatan jurit malam. Kegiatan tersebut yang diikuti oleh seluruh peserta yang baru dikukuhkan secara sendiri-sendiri. Menurut mereka kegiatannya sangat menyenangkan. Kegiatan dilanjutkan dengan renungan malam mengenai orang tua dan anak, kemudian mereka beristirahat.

Mereka melakukan kegiatan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan jogging serta sarapan bersama di lapangan upacara. Mereka mengadakan sharing session dengan kakak-kakak seniornya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih area sekolah.

Pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan pengukuhan tersebut , yaitu tentang kedisiplinan dan . Seorang pemimpin harus disiplin dan memiliki rasa hormat . Jika ingin menjadi pemimpin , maka harus memiliki sifat yang baik . K arena, untuk menjadi anggota paskibra harus mempunyai jiwa yang disiplin,  menjaga etika , kejujuran, dan memiliki sifat yang mempertimbangkan ” tuturan Rafina dari kelas X MP 1.

Seluruh rangkaian kegiatan pengukuhan telah selesai, dan untuk pulang. Mereka telah sah menjadi anggota Paskibra Garda Skansa Angkatan 19. Beberapa dari mereka sedang mengikuti seleksi untuk menjadi Paskibraka tahun 2024, mari kita doakan agar semuanya berjalan lancar. Selamat untuk seluruh anggota paskibra yang telah dilantik, semoga amanat serta ilmu yang diberikan dapat bermanfaat kini hingga masa depan.

Penulis: Elvira Azahra, Keira Talitha, dan Vanny Aulia

Editor: Yasmin Dhea Ananda

Facebook
Email
WhatsApp

Recently Updated

Everything nearly